Pages

Minggu, 07 November 2010

Artikel : Selamatkan Lingkungan


          Ironis memang seiring perkembangan jaman yang semakin maju dan modern alampun terkena imbasnya, banyak orang yang bisa menikmati jaman yang semakin canggih tapi mereka lupa akan lingkungan yang harus tetap mereka jaga.
            Kalau kita lihat lingkungan di sekitar kita menyedihkan memang semakin rusaknya alam yang di sebabkan manusia itu sendiri yang tidak peka untuk menjaganya, kalau bisa di bilang mungkin alampun menangis, sudah banyak perusakan alam di mana-mana seperti membuang sampah sembarangn, penebangan pohon yang masih produktif, perusakan hutan,  pembangunan di lahan yang seharusnya di peruntukkan untuk daerah penyerapan air, limbah pabrik, polusi udara, pemborosan air bersih dll. tanpa menghiraukan akibatnya yang mereka pikirkan hanya untuk kepentingan pribadi, waah... kasihan juga ya alam kita ini !!
            Sekarang kita bahas tentang sampah kalau ngebahas soal sampah, masih banyak dari kita kita yang masih buang sampah sembarangan, sampah memang tidak bisa di pisahkan dari kehidupan manusia aktivitas kita selalu menghasilkan sampah yang semakin menumpuk di sekitar kita maka dari itu tidak bisa di sepelekan, banyak orang yang membuang sampah sembarangan walaupun mungkin misalkan sampah yang kita buang hanya sampah kecil yang misalkan hanya bungkus permen tapi kalau misalkan ratusan orang atau mungkin jutaan orang yang melakukan hal yang sama bayangkan saja sampah yang berserakan jadi, tidak heran jika banyak got got yang aliran airnya tersumbat sampah yang kita buang sembarangan dan akibatnya banjir akan terus melanda di saat musim hujan, perlu kesadaran yang lebih tertib bukan hanya membuang sampah pada tempatnya, tapi juga cara membuangnya dan mengurangi produksi sampah.
            Misalkan kita bisa pisahkan mana sampah yang organik dan sampah yang anorganik dengan menyediakan dua tempat sampah sekaligus. Sehingga dari dua jenis sampah tersebut bisa lebih mudah untuk di ambil manfaatnya karena sampah yang kita buang tidak semuanya menjadi sampah ada yang masih bisa di ambil manfaatnya seperti sampah organik bisa kita jadikan pupuk untuk tanaman sedangkan sampah anorganik yang seperti plastik, kaleng, kaca yang sangat sulit terurai oleh tanah kalaupun bisa butuh waktu ratusan tahun untuk bisa terurai itu bisa kita manfaatkan dengan cara mendaur ulang sampah-sampah tersebut, dan masih banyak lagi hal-hal kecil yang bisa kita kontribusikan untuk menyelamatkan lingkungan seperti mengurangi membeli minuman dan makanan yang di kemas dengan plastik plih produk yang bahan-bahannya tidak merusak lingkungan dan kemasannya bisa segera di daur ulang. asalkan kita perlu tekad yang besar untuk untuk mengurangi sampah dan tahu cara mengolah sampah dengan baik dan benar supaya lingkungan kita bisa tetap nyaman.
            Dan tidak hanya sampah organik dan anorganik yang sudah sering kita dengar ternyata masih ada sampah jenis lain yang baru-baru ini sering juga kita dengar di mana-mana yaitu sampah elektronik seperti baterai bekas, HP bekas,kipas angin yang sudah tidak bisa di perbaiki, kalkulator rusak semakin majunya perkembangan jaman perkembangan teknologipun semakin pesat, sehingga banyak sampah elektronik tersebut yang ternyata sudah mengotori lingkungan, mereka cenderung membuang barang elektronik yang sudah rusak dan memilih membeli yang terbaru, menurut sumber informasi yang saya baca setiap komponen elektronik mengandung zat kimia dan logam yang berbahaya buat lingkungan.
            Tapi sepertinya nagara kita masih belum punya aturan yang bisa tertib mangatur proses pembuangan sampah dan pendaur ulangan, persoalan sampah masih sebuah masalah yang belum teratur dan masyarakatnyapun tidak peka dan belum di siplin dalam hal itu.
            Penebangan pohon yang masih produktif pun sekarang marak terjadi di mana-mana padahal hal tersebut sangat berakibat fatal bagi alam kita ini semakin banyak dari mereka yang menebang pohon, semakin terancam pula keselamatan alam kita ini termasuk manusianya juga, akibat dari penebangan pohon bisa terjadi erosi, dan tidak ada penyerapan air akibatnya
            Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk pencegahan hal-hal atau masalah seperti itu asalkan kita sebagai generasi muda ada kemauan dan lebih menghargai dan menyayangi alam kita ini.
 berikut ada beberapa tips yang sangat  berguna untuk memperbaiki lingkungan yang bisa kita lakukan :
1. Pisahkan sampah
            Apakah sampah yang ada di rumah kita sudah di pisahkan dari yang bisa terurai dan yang tidak teruarai, kalo belum ayo kita mulai untuk mencoba memisahkan sampah tersebut. Tiap tempat sampah harus terdiri dari dua keranjang yang satu untuk sampah organik dan yang satunya lagi untuk sampah non organik.
2. kurangi sampah
  • tidak sering pake sedotan.
  • Tidak sering pakai tissue, sebisa mungkin pakai lap kain yang bisa di pakai lagi
  • Lebih memilih minuman botol, karena bisa di pakai lagi daripada kaleng.
  • Lebih memilih kemasan produk kemasan kertas daripada botol plastik.
  • Kurangi pemakaian kantong plastik.
3. daur ulang
            Mulai sekarang mari satukan tekad untuk selalu mendaur ulang sampah anorganik misalnya, kaleng minuman, dll.
4. hemat listrik
            Kurangi atau hindari kebiasaan tidur di temani lampu dan radio menyala, kerena masih banyak kebutuhan lainnya yang memakai listrik seperti AC, komputer, kulkas, dll. Bayangkan berapa banyak pasokan listrik yang harus tersedianamun jika di mulai dengan penghematan dari dua hal tadi setidaknya kita sudah membantu pemerintah dan orangtua dalam menghemat biaya listrik dan minyak bumi. Secara gak langsung kita ikut melestarikan lingkungan.
5. hemat air
Air memang bukan sumber daya alam yang bisa habis, tapi ada saatnya nanti kita akan kehilangan sumber air bersih, maka dari itu pakailah air secukupnya.
6. ikut menanam pohon
 Menanam pohon dan merawat tanaman tidak harus punya keahlian khusus.
 Sebenarnya ada banyak cara yang kita bisa lakukan untuk melestarikannya.
7. hidup bersih
 Slalu bersihkan lingkungan di mulai dari lingkungan kita sendiri agar senantiasa           menjaga kebersihan.
Untuk menjadi manusia yang peduli terhadap lingkungan kita bisa lakukan contoh-contoh kecil seperti tips di atas untuk memulai pada diri kita sendiri. Kita sebagai generasi muda atau penerus harus ikut berkontribusi untuk menyelamatkan lingkungan, agar bumi tetap hijau dan tetap terjaga kelestariannya di masa mendatang.

1 komentar: